Pages

November 17, 2017

musik / jujur / tulus

Hai, apa kabar?

kalian tau gak sih kalau saya tuh suka bingung kalau dapet pertanyaan “penyanyi favorit kamu siapa, tis?”

jujur, saya gak punya. dari dulu saya termasuk yang jarang dengerin musik, yaa cuma kadang-kadang aja gitu. mungkin karena
1. i consider kemampuan audio saya jelek banget. selain saya sering ngerasa kesusahan kalau ada listening comprehension di kursus-kursus bahasa yang saya ikutin, saya juga kesusahan kalau guru di sekolah ngajarnya full ngomong doang tanpa menulis di papan yang terstruktur gitu. saya lebih menikmati apa yang kelihatan secara visual, makanya di hp saya dari dulu jumlah mp3 nya jauh jauh jauh lebih sedikit daripada foto dan gambarnya, apalagi semenjak ganti aipon eugh males banget kan ngurusin pake itunes.
2. selera musik saya mainstream. wkwkwk, apa yang lagi sering diputer yaudah aja itu yang saya denger. jarang juga minat buat eksplor penyanyi-penyanyi dan lagu-lagu baru
3. saya suka lagu mostly dari iramanya daripada dari liriknya. wah ini juga nih yang agak lucu, banyak temen saya nyodorin saya lagu-lagu yang lagi mereka suka sambil bilang “tis, dengerin deh liriknya dalem banget!” pas saya dengerin i be like “ih iya buset dalem dah” tapi yaudah aja gitu, kalau saya kurang suka how it sounds itu cuma jadi FYI aja buat saya bahwa lagu itu liriknya oke. beda sama lagu yang saya denger potongannya aja tapi saya suka iramanya, pasti saya puter berulang-ulang ampe cepet bosen. Kadang malah saya suka baru sadar lirik sebuah lagu itu bagus banget setelah lagunya saya puter kesekian ratus kali sambil dipikirin ni lagu maksudnya apa. Beda ya kalau musiknya bagus dan liriknya juga oke, ih itumah combo.
4. saya dibersarkan untuk gak terlalu sering dengerin musik. Biasanya kan orang suka dengerin musik kalau lagi sendirian dirumah atau kalau lagi jalan kaki sambil pake headset. Nah, mama papa saya sering kasih nasihat kalau itu kurang bagus karena ngilangin fokus. Saya cenderung lebih suka nyalain tv walaupun acaranya sampah waktu sendirian dirumah daripada dengerin musik, ya sambil denger-denger juga kalau ada suara orang masuk. Banyak juga kan yang dengerin musik sambil belajar, which is gak mungkin karena konsentrasi saya gampang banget pecah kalau belajar ada suara (balik ke poin 1). Saya selalu diajarin kalau dengerin musik itu bisa kapan aja, makanya gak akan pernah habis kalau kita selalu dengerin musik. Jadi saya denger musik selalu alakadarnya aja (((buset nurut juga ya gue ternyata))). Dari kecil kalau dianter mama papa sekolah pasti dengerinnya Radio Elshinta di mobil, karena lebih bermanfaat buat dengerin informasi dan berita macet hehe. Sampe sekarang preset radio di mobil saya masih ada frekuensi 90.00 Radio Elshinta, yang suka diketawain sama temen-temen.

Sampai akhirnya saya abroad dan sering sendiri, ya saya mulai suka dengerin musik tapi tetep aja playlistnya yang lama-lama. ya kapan-kapan saya share deh random pick old playlist saya. Dan ketika saya udah mulai nyetir sendiri di Jakarta, whew macet tuh bosen banget ternyata. disitulah saya mulai dengrin musik dan radio lagi secara lebih konstan. ya gitu-gitu ajasih, masih tetep gak update dan mainstream.

berkat macetnya jakarta, saya download banyak lagu Tulus. Saya belom pernah dengerin semua track di album ketiganya, jadi saya download sealbum. Saya juga download lagu-lagu lamanya, ada yang saya udah familiar ada juga yang belum kan soalnya. Ternyata ya si om Tulus ini, overall musiknya bikin anget banget. Musisi yang beneran musisi. tadinya saya cuma suka beberapa lagunya, sekarang suka hampir semua yang saya udah pernah denger deh kayaknya wkwkwk (telat banget). Selain nyanyi, lagunya dia tulis sendiri dan ada juga yang dibantu orang lain, produksi sendiri (kayaknya), labelnya juga sendiri deh. Parah kan. Lagu-lagunya asyik didenger, liriknya juga punya banyak makna konotatif yang jadi kedengeran puitis di kuping saya yang gak bertalenta ini. tapi puitisnya beda ya sama lagu-lagunya Barasuara atau Payung Teduh yang menurut saya sih itu fix sastra banget, ya walaupun saya gatau sastra tuh kayak apa karena saya beneran gatau apa-apa banget soal itu.

in one hand emang nih si musik om Tulus tuh somehow puitis, tapi disisi lain bagi saya musiknya jujur banget. saya suka banget cerita-cerita yang diangkat ke lagu-lagunya om Tulus. Perasaan saya sih background ceritanya jarang diangkat oleh musisi lain, gatau apa kalian ngerasa kayak gitu juga atau emang sayanya aja yang jarang dengerin musik-musik diluar sana. Biasanya kan lagu-lagu itu cuma ceritain jatuh cinta sama patah hati, om Tulus juga punya lagu jatuh cinta dan patah hati tapi gak apple to apple bilang gue jatuh cinta sama lo, tapi ditranslasi jadi contohnya bait ratusan hari ku mengenalmu ratusan alasan kamu berharga di lagu Cahaya. cerita yang bikin unik kayak rasa bosan dalam suatu relationship karena si pasangan gabisa ngasih ruang privasi, atau lagu yang intinya cerita woy gue fix mau break tapi gakbisa karena si pasangan egois mempertahankan hubungan demi dirinya sendiri sampe om Tulus harus kayak yang “gue dewasa enough kok buat tetep jadi temen lo walaupun itu klise dan susah”. kayak lebih spesifik dan ada kisahnya kaaaan. ada lagi yang ceritain seorang nona yang perasaannya bertepuk sebelah tangan ke si tuan yang sebenernya sama-sama judgemental banget, tentang cinta yang gabisa berbuat apa-apa walaupun bareng gapernah bisa bersatu, bullying, transformasi anak underdogs, friendzone delapan tahun, tapi yang paling jujur menurut saya itu lagu yang judulnya jangan cintai aku apa adanya. ketika semua orang kepingin dicintai apa adanya, om Tulus nulis satu lagu yang bilang sebaliknya for the sake of kebaikan bersama. how deep is dat? and truly i believe we all can relate to those songs. af.

pas saya tanya temen-temen ternyata banyak juga yang gak suka suka musiknya om Tulus karena katanya liriknya maksa (tetep semangat ya om. ya namanya juga idup pasti ada yang suka ada yang enggak). tapi sebaliknya in my humble opinion hal itu justru menambah faktor kejujuran di musik om Tulus. Jadi itu ya, yang paling jujur bagi saya sejauh ini masih lagu yang judulnya jangan cinrai aku apa adanya. Tapi lagu favorit saya di album Monokrom itu yang judulnya tukar jiwa. Ngerti banget rasa sulitnya ngungkapin cara pikir, perasaan, pengertian dan opini, sampe-sampe bingung harus gimana, capek, dan akhirnya mikir yaudah coba kamu jadi saya aja deh biar kamu tau apa yang saya maksud. Jadi merasa dimengerti sama musiknya om Tulus ketika saya juga ga ngerti sama diri saya sendiri.

Makasih om Tulus atas kehangatan musiknya<3 br="">
Yang lagi pusing udah lama gak nulis panjang-panjang ngeblog

1 comment: